pareto

Memaksimalkan potensi terbaik diri dengan Pareto

Educate Review Buku
image_pdf

Halo teman-teman semua, pada artikel ini akan membahas sebuah prinsip yang bernama pareto. Artikel ini terinspirasi dari buku Pareto : Maximize the best of you. Prinsip pareto adalah prinsip untuk memaksimalkan sebuah potensi dengan aktivitas yang ringan. lengkapnya silahkan baca artikel ini sampai akhir.

Definisi Pareto

Pareto sendiri diambil dari nama pencetusnya, yaitu Vilfredo Pareto. Beliau yaitu seorang ekonom atau ahli ekonomi kebangsaan italia. Prinsip pareto juga sering disebut prinsip 80/20. Prinsip ini tercetus ketika Vilfredo mengamati kacang polong yang dia tanam. Kacang polong yang dia tanam ketika di panen memiliki sebuah pattern atau pola yang unik. Pola pada kacang polong adalah 20% kacang yang ditanam ternyata berkontribusi sebanyak 80% yang terbaik dari total hasil yang dia peroleh.

Intinya, aturan pareto adalah 80/20 adalah tentang mengidentifikasi aset terbaik entitas dan menggunakan secara efisien untuk menciptakan nilai maksimum. Jadi, effort yang dikerjakan hanya 20% tapi yang dihasilkan sampai 80%.

Memaksimalkan Hasil Dengan Prinsip Pareto

Prinsip pareto bisa diaplikasi kedalam pekerjaan. Prinsip pareto bisa lebih efisien untuk mencapai tujuan hidup. untuk memaksimalkan hasil di bidang pekerjaan, kalian bisa melakukan hal-hal berikut :

Carilah waktu yang tepat untuk mengerjakan ini, karena kita butuh pikiran yang tenang dan pemikiran yang dalam untuk menentukan. Tulislah 1-10 keinginan yang ingin dicapai dan tulis angka 1-10 berurutan dari atas ke bawah. Ketika kita bisa melakukan 2 hal saja dari 10 daftar yang sudah dibuat, kita mungkin akan mendapatkan 80% dari penghargaan yang 8 daftar lain.

Kompeten pada hal yang penting

Kompeten membuat kita lebih fokus pada hal penting yang berdampak besar, alih-alih pada hal kecil yang tidak terlalu memberikan kontribusi. Namun, hal ini tidak bisa kita putuskan mana yang berpengaruh besar dan mana yang berpengaruh kecil jika kita tidak kompeten pada bidang yang kita pegang.

Baca Juga :  Mau Masuk Unsri Tanpa Tes? Ini Dia Prodi-Prodi yang Banyak Kursinya di SNBP 2023

Konsentrasi

Yang terakhir adalah konsentrasi, satu hal yang sulit dilakukan, terutama untuk orang yang mudah terdistraksi. Padahal, kita hanya mengerjakan satu hal saja, tetapi karena merasa bahwa hal itu menyita banyak tenaga, kita kerjakan hal lai yang remeh-temeh yang tidak terlalu berkontribusi pada pekerjaan kita.

Jika kita tidak berkonsentrasi pada suatu pekerjaan, maka kita akan tidak mendapatkan hasil sesuai harapan.

Tip Manajemen Waktu Berdasarkan Prinsip Pareto

cara memilih 20% terpenting dari datfar tugas kita, ada beberapa cara untuk mengidentifikasi 20% paling penting yang akan memberikan hasil lebih baik :

Pikirkan Kembali daftar tugas kita

  • Buatklah daftar tugas dengan metode getting done kemudian tentukan tugas-tugas ini dari 1-10, dengan urutan 1 sebagai tugas yang membutuhkan sedikit usaha.
  • Tentukan tugas-tugas ini lagi dari 1-10 sesuai dengan hasil potensial mereka. Disini 10 akan menjadi aktivitas yang paling berdampak.
  • Terakhir bagilah setiap tugas dengan skor mereka untuk upaya dan hasil potensial. tugas dengan skor terendah akan menempati peringkat pertama dalam daftar baru.

Pareto dalam kehidupan sehari-hari

Dalam hidup kadang kita sering kebingungan untuk memilih baju yang ingin dipakai. Di dalam fashion ada namanya fast fashion yaitu gaya fashion yang sangat mudah bergantinya. fashion ini tegolong murah tapi dengan kualitas yang kurang bagus. Nah dengan adanya fast fashion ini membuat kita menambah kebingungan untuk memilih baju yang ingin dipakai, padahal kalau kita melihat lagi dari konsep pareto kembali, sebenernya kita bisa hidup dengan 20% dari pakaian yang kita miliki.