Serba Serbi tentang Universitas Indonesia, Kampus Impian Banyak Pelajar

Serba Serbi tentang Universitas Indonesia, Kampus Impian Banyak Pelajar

Educate Kampus Area
image_pdf

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia yang berlokasi di Jakarta dan Depok. UI memiliki sejarah panjang, reputasi baik, dan kualitas pendidikan yang tinggi. UI juga menawarkan berbagai jurusan, fasilitas, dan kegiatan yang menarik bagi para mahasiswa. Tidak heran, UI menjadi kampus impian banyak pelajar yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Apa saja serba serbi tentang UI yang perlu kamu ketahui? Simak ulasannya di sini!

Sejarah UI

UI merupakan universitas pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1849 dengan nama School of Medicine for Javanese. Nama ini kemudian berubah menjadi STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1898. Pada tahun 1924, didirikan juga RHS (Rechtshoogeschool) yang menjadi cikal bakal Fakultas Hukum UI. Pada tahun 1947, setelah Indonesia merdeka, STOVIA dan RHS bergabung menjadi Universiteit van Indonesië, yang kemudian berubah menjadi Universitas Indonesia pada tahun 1950. UI memiliki dua kampus utama, yaitu di Salemba, Jakarta Pusat, dan di Depok, Jawa Barat. UI juga memiliki beberapa kampus lain, seperti di Pulau Seribu, Cisarua, dan Wamena.

Jurusan UI

UI memiliki 14 fakultas dan 1 sekolah vokasi yang menawarkan berbagai jurusan dan program studi. UI juga memiliki program pascasarjana dan doktoral untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

Berikut adalah daftar fakultas dan jurusan yang ada di UI:

  • Fakultas Kedokteran: Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Ilmu Gizi, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keolahragaan, Kebidanan, Fisioterapi, Okupasi Terapi, Radiologi, Audiologi, dan Profesi Apoteker.
  • Fakultas Teknik: Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi dan Geomatika, Teknik Lingkungan, Teknik Planologi, Teknik Arsitektur, dan Teknik Komputer.
  • Fakultas Hukum: Ilmu Hukum, Kenotariatan, dan Magister Kenotariatan.
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Magister Manajemen.
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Administrasi Fiskal, Ilmu Administrasi Niaga, Ilmu Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Antropologi, Kriminologi, dan Ilmu Kesejahteraan Sosial.
  • Fakultas Psikologi: Psikologi, dan Magister Profesi Psikologi.
  • Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya: Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Jawa, Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Perancis, Sastra Inggris, Sastra Rusia, Sastra Belanda, Ilmu Sejarah, Ilmu Filsafat, Ilmu Perpustakaan, dan Ilmu Informasi dan Perpustakaan.
  • Fakultas Ilmu Komputer: Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Bioinformatika dan Sistem Biologi Komputasi.
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Matematika, Statistika, Fisika, Kimia, Biologi, Biokimia, Ilmu Komputer, Ilmu Aktuaria, Ilmu Atmosfer, Ilmu Kelautan, dan Astronomi.
  • Fakultas Kedokteran Hewan: Kedokteran Hewan, dan Magister Kedokteran Hewan.
  • Fakultas Ilmu Keperawatan: Ilmu Keperawatan, dan Magister Keperawatan.
  • Fakultas Farmasi: Farmasi, dan Magister Farmasi.
  • Fakultas Ilmu Administrasi: Ilmu Administrasi, dan Magister Ilmu Administrasi.
  • Fakultas Ilmu Budaya: Ilmu Budaya, dan Magister Ilmu Budaya.
  • Sekolah Vokasi: Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Logistik, Manajemen Perbankan, Manajemen Keuangan, Manajemen Aset, Manajemen Pajak, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Bisnis Internasional, Manajemen Bisnis Digital, Manajemen Bisnis Kreatif, Manajemen Bisnis Kuliner, Manajemen Bisnis Pariwisata, Manajemen Bisnis Perdagangan, Manajemen Bisnis Periklanan, Manajemen Bisnis Properti, Manajemen Bisnis Transportasi, Manajemen Bisnis Usaha Kecil dan Menengah, Manajemen Energi, Manajemen Lingkungan, Manajemen Rekayasa, Manajemen Risiko, Manajemen Teknologi, Manajemen Telekomunikasi, Manajemen Transportasi, dan Manajemen Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Baca Juga :  THE ART OF MONEY - Seni dari UANG

Fasilitas UI

UI memiliki fasilitas yang lengkap dan modern untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa. UI memiliki perpustakaan pusat dan perpustakaan fakultas yang menyediakan berbagai koleksi buku, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, dan sumber belajar lainnya. UI juga memiliki laboratorium, studio, ruang kuliah, ruang seminar, ruang diskusi, ruang komputer, dan ruang multimedia yang dilengkapi dengan peralatan canggih. UI juga memiliki fasilitas olahraga, seperti stadion, lapangan, kolam renang, dan pusat kebugaran. UI juga memiliki fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, dan pusat konseling. UI juga memiliki fasilitas asrama, kantin, masjid, gereja, bank, ATM, dan minimarket.

Kegiatan UI

UI memiliki berbagai kegiatan yang menarik bagi para mahasiswa, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik. UI memiliki berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Komunitas Mahasiswa (Komma). UI juga memiliki berbagai kegiatan seni dan budaya, seperti Festival Film UI, Festival Teater UI, Festival Musik UI, Festival Sastra UI, dan Festival Seni UI. UI juga memiliki berbagai kegiatan olahraga dan prestasi, seperti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS), Pekan Olahraga Mahasiswa Wilayah (POMWIL), Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah (POMDA), dan Pekan Olahraga Mahasiswa UI (POM UI).