Atur duitmu!!

Uncategorized
image_pdf

halooo sahabat cerdas, mimin mau cerita lagi tentang satu buku menari nihh. Buku berjudul Atur duitmu!! Ini bisa kamu dapatka di toko buku kesayangan mu. Buku ini berisi tentang panduan cerdas mengelola duit secara mandiri dilengkapi dengan contoh kasus sebagai panduan untuk memulai perencanaan keuangan dan informasi tentang investasi yang tepat. Buku dengan ketebalan 135 ini terdiri dari 4 BAB. Bab pertama berjudul mengapa diperlukan perencanaan keuangan??

Di sana ada definisi perencanaan keuangan. Perencanaan keuangan adalah suatu proses untuk mencapai tujuan hidup seseorang melalui pengelolaan keuangan secara terintegrasi dan terencana. Tujuan hidup yang dimaksud di sini memiliki beberapa tujuan yaitu tujuan dunia dan tujuan akhirat ada pula tujuan jangka pendek jangka menengah dan juga jangka panjang. Salah satu quotes yang ada di dalam buku ini berisi menentukan prioritas merupakan salah satu kunci penting keberhasilan perencanaan keuangan. Jadi harus menentukan tujuan sejak awal untuk apa melakukan perencanaan keuangan.

Berikut manfaat-manfaat yang akan didapatkan apabila kamu melakukan perencanaan keuangan

1. Mengetahui kondisi kesehatan keuangan. Dengan melakukan perencanaan keuangan kamu dapat mengukur apakah kondisi keuanganmu saat ini sehat atau tidak.

2. Pencapaian tujuan hidup. Dengan melakukan perencanaan keuangan tujuan-tujuan hidup mimpi-mimpi dan juga keinginan-keinginan dapat terwujud.

3. Hidup yang lebih nyaman. Dengan melakukan perencanaan keuangan kita tahu mana prioritas dalam hidup kita sehingga tidak menyebabkan pembengkakan dalam pengeluaran yang menyebabkan hutang dan sebagainya.

Bab 2 dengan judul bagaimana cara melakukan perencanaan keuangan? Berisi tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan mulai dari menyewa jasa perencanaan keuangan sampai dengan mengatur keuangan itu sendiri.

Bab 3 berisi proses perencanaan keuangan. Dalam melakukan perencanaan keuangan ada empat tahapan yang harus dilakukan:

1. Menentukan tujuan

Baca Juga :  Cara Menentukan Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Tepat untukmu

2. Mengumpulkan data dan melakukan analisis

3. Implementasi rencana keuangan

4. Monitoring dan evaluasi.

Di sini di dalam buku ini juga terdapat space kosong di mana kamu dapat menulis tujuan kamu jangka pendek jangka menengah dan juga jangka panjang. Di dalam buku ini diajarkan langsung dan diarahkan untuk langsung praktek. Di buku ini juga di ajarkan bagaimana menentukan tujuanyang baik, yaitu dengan cara menggunakan teknik SMART. Apa itu SMART?? Ini adalah singkatatan dari:

  1. Specific, dalam menentukan tujuan harus secara specific. Missal memiliki rumah, rumah seperti apa, berapa luasnya, berapa lantau dll
  2. Measurable, sebuah tujuan harus dapatdi ukur perkembangan dan pencapaianny.
  3. Achievable, realistic dan dapat di capai
  4. Relevan, harus relevan dengan tujuan hidup
  5. Time bound, harus ada batas waktu yang jelas.

Sementara di bab keempat yang berjudul penutup, di lampiran akhir ada rujukan ayat Alquran terkait perencanaan keuangan.

Di sana digambarkan secara jelas ayat-ayat Alquran apa saja yang menjelaskan tentang perencanaan keuangan. Baik itu tentang hutang tabungan investasi, tujuan hidup aset dan lain-lain. Untuk kamu yang sedang belajar tentang perencanaan keuangan buku ini sangat menarik untuk dibaca. Semoga bermanfaat