Biaya Jurusan Ilmu Komunikasi

Biaya Jurusan Ilmu Komunikasi

Educate
image_pdf

Jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan yang mempelajari tentang cara berkomunikasi dan bermedia. Jurusan ini banyak diminati oleh orang-orang yang ingin berkarier di bidang media, seperti jurnalistik, periklanan, dan public relations. Biaya kuliah jurusan ilmu komunikasi di perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) berbeda-beda. Besaran biaya di PTN ditentukan oleh pemerintah, sedangkan biaya kuliah di PTS ditentukan oleh masing-masing PTS.

Biaya Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Besaran uang yang harus dibayar di Kampus Negeri terdiri dari biaya SKS, biaya semester, biaya praktikum, dan biaya lain-lain.

  • Biaya SKS: Biaya SKS adalah biaya yang harus dibayarkan per sks. Biaya SKS di PTN berbeda-beda, tergantung pada program studinya.
  • Biaya Semester: Biaya semester adalah biaya yang harus dibayarkan setiap semester. Biaya semester di PTN juga berbeda-beda, tergantung pada program studinya.
  • Biaya Praktikum: Biaya praktikum adalah biaya yang harus dibayarkan untuk mengikuti praktikum. Biaya praktikum di PTN juga berbeda-beda, tergantung pada program studinya.
  • Biaya Lain-lain: Biaya lain-lain adalah biaya yang harus dibayarkan untuk keperluan lain-lain, seperti biaya buku, biaya fotokopi, dan biaya wisuda. Biaya lain-lain di PTN juga berbeda-beda, tergantung pada program studinya.

Biaya Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS)

Biaya kuliah di Kampus Swasta juga terdiri dari biaya SKS, biaya semester, biaya praktikum, dan biaya lain-lain. Namun, biaya kuliah di PTS lebih mahal daripada biaya kuliah di PTN.

  • Biaya SKS: Biaya SKS di PTS lebih mahal daripada biaya SKS di PTN.
  • Biaya Semester: Biaya semester di PTS juga lebih mahal daripada biaya semester di PTN.
  • Biaya Praktikum: Biaya praktikum di PTS juga lebih mahal daripada biaya praktikum di PTN.
  • Biaya Lain-lain: Biaya lain-lain di PTS juga lebih mahal daripada biaya lain-lain di PTN.
Baca Juga :  Jurusan Kuliah Dengan Biaya Mahal

Kesimpulan

Biaya kuliah di jurusan ilmu komunikasi di kampus negeri (PTN) dan kampus swasta (PTS) berbeda-beda. Besaran biaya ini di PTN ditentukan oleh pemerintah, sedangkan biaya kuliah di PTS ditentukan oleh masing-masing PTS. Biaya kuliah di PTS lebih mahal daripada biaya kuliah di PTN.