Cara Agar Kuliah Tanpa Tes

Cara Ampuh Lulus di Jalur Undangan

Educate Program
image_pdf

Jalur undangan adalah jalur masuk ke perguruan tinggi yang tidak melalui tes tertulis. Jalur ini biasanya diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi. Ada banyak jalur undangan yang bisa kalian daftarkan seperti SNBP, SPAN PTKIN, PMDP dll. Pada artikel ini kita akan membahas tentang Cara Agar Lulus di Jalur Undangan.

Beasiswa Kuliah 2023

Alasan Memilih Jalur Undangan

Ada banyak alasan mengapa memilih jalur undangan dibandingkan dengan jalur tes atau jalur lainya. Berikut adalah beberapa alasan memilih jalur undangan:

Lebih Mudah

Jalur undangan lebih mudah karena kamu tidak perlu Tes tertulis. Jalur ini biasanya hanya menggunakan nilai raport SMA yang kalian punya. Selain itu juga temen-temen tidak perlu belajar soal-soal tes, ataupun mengikuti Try Out yang berbayar.

Jumlah Pesaing

Alasan kedua kenapa harus memilih jalur undangan dibandingkan dengan jalur Tes adalah jumlah pesaing. Jumlah pesaing di Jalur ini relatif lebih sedikit. Kita ambil contoh jalur undangan SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Tes), di jalur ini ada yang namanya Eligible yang membatasi jumlah pendaftar di setiap Sekolahnya.

Biaya

Hampir semua jalur undangan atau tanpa tes tidak memiliki biaya pendaftaran alias Gratis. Nah untuk kamu yang suka gratisan cocok banget untuk mendaftar jalur ini. Tidak seperti jalur lainya yang memberikan tarif untuk pendaftarannya, jalur ini gratis untuk semua pendaftar.

Jadwal

Selain 3 alasan diatas, alasan terakhir adalah jadwal pelaksanaan biasanya jalur ini yang paling awal. Jadi sebelum kamu disibukkan dengan jalur lain, jalur ini sudah bisa didaftarkan dan bahkan di beberapa jalur, sebelum kelulusan sudah pengumuman hasil penerimaan.

Tips Lulus Jalur Undangan

Jika kamu ingin lulus di jalur undangan, ada beberapa tips yang bisa kamu untuk memaksimalkan jalur undangan ini:

Baca Juga :  Beasiswa Bank Indonesia : Persyaratan dan Manfaatnya

Perhatikan persyaratan jalur undangan.

Setiap jalur undangan memiliki persyaratan dan kebijakan yang berbeda untuk jalur undangan. Pastikan kamu memenuhi semua persyaratan tersebut. Jika kamu tidak paham terkait kebijakan yang berlaku seperti ada atau enggaknya sistem zonasi dan kebijakan lainya.

Tepat Memilih Jurusan

Karena jalur undangan tidak menggunakan tes, hanya menggunakan nilai raport, maka memilih jurusan dan kampus yang tepat sangat penting. Jika kamu salah memilih atau menempatkan jurusan atau kampus akan berakibat fatal. Selain itu juga kamu harus bisa memilih jurusan yang sesuai dengan nilai raportmu.

Biasanya memilih jurusan sesuai nilai raport sering disebut Analisis Nilai Raport. Jadi sederhananya, nilai raport yang kamu punya di analisis untuk melihat peluang terbesarnya lulus di jurusan apa. Proses Analisis Ini bisa manual atau lebih mudah dengan sistem.

Update Informasi

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah Update informasi terkait perkuliahan. Update jadwal terbaru, kebijakan terbaru ataupun infromasi kampus dan jurusan agar kamu bisa Lulus di Jalur Undangan. Untuk update informasi bisa kamu lakukan dari sekarang.

Paham Strategi

Tips terakhir adalah pahami semua strategi untuk lulus di jalur undangan. Ada banyak startegi seperti penemapatan jurusan, Analisis Nilai Raport, Analisis Minat Bakat, dan lain-lain. Pastikan kamu memahami dan mempraktekkan starategi yang ada untuk lulus di jalur ini.

Lulus di jalur undangan memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa dicapai. Jika kamu mau berusaha dan mempersiapkan diri dengan baik, kamu pasti bisa lulus di jalur undangan.

Untuk memaksimalkan perjuanganmu di jalur Undangan ini, Lampung Cerdas memiliki program pendampingan bernama Kuliah Tanpa Tes. Di program ktt ini, kamu akan dibimbing untuk memaksimalkan persiapan menghadapi Jalur undangan. Selain itu kamu juga akan mendapatkan video materi dan ebook pendampingan dan paling menarik adalah kamua akan dapat Sistem Analisis Nilai Raport yang membantu menganalisis nilai raportmu dari semester 1-5, untuk menentukan jurusan yang cocok sesuai nilai raportmu dan Analisis Minat Bakat. Sistem analisis minat bakat ini untuk menentukan minat bakatmu cocoknya dijurusan apa, jadi kamu akan lebih enjoy kuliah sesuai bakat dan minatmu.

Baca Juga :  Lampung Cerdas Program : Untuk Siswa

Untuk program ini kamu akan dibina selama kurang lebih 9 Bulan dari awal sampai pengumuman jalur Undangan. Program ini cocok banget untuk kamu yang mau memaksimalkan persiapan di jalur undangan agar tidak pusing-pusing belajar untuk jalur tes. Untuk teman-teman yang berminat dengan Program ini bisa hubungi tim kami dengan klik -> Join KTT <-.

Kesimpulan

Jalur undangan adalah jalur masuk ke perguruan tinggi yang tidak melalui tes tertulis. Jalur undangan lebih mudah untuk lulus dibandingkan dengan jalur tes tulis, tidak membutuhkan biaya pendaftaran, dan memberikan kesempatan untuk berkuliah di perguruan tinggi yang lebih bergengsi.

Jika kamu ingin lulus di jalur undangan, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti dan untuk memaksimalkan persiapanmu kamu bisa ikut program Kuliah Tanpa Tes dari Lampung Cerdas.