Cerita Meriani Menjadi Mahasiswa UNIMED dan Penerima Beasiswa Lampung Cerdas

Educate
image_pdf

Perkenalkan nama aku Meriani Gunawan mahasiswa Universitas Negeri Medan angkatan 2022 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Program Studi Bisnis Digital sekaligus penerima beasiswa Lampung Cerdas. Berawal dari mengikuti program Pembinaan Jalur Undangan Positif SNMPTN yang diadakan oleh Lampung Cerdas aku mulai dapat banyak pembelajaran dan hikmah dibalik kegagalanku saat pengumuman jalur undangan SNMPTN.

Program Lampung Cerdas

Dari awal mengikuti program ini aku banyak sekali belajar mengenai berani bermimpi besar, berani mengambil resiko, sampai bagaimana Mindset ternyata sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Dari program ini pula saya mendapat mentor yang benar-benar bisa saya jadikan sebagai teman diskusi, mentor sukses, dan mentor yang bisa mengarahkan diriku ke step yang lebih baik lagi. Selain mentor, aku juga dapat banyak temen seperjuangan disini yang bisa saling support dan diskusi bareng, mereka hadir dari latar belakang yang berbeda-beda dan dari provinsi yang berbeda pula. Saling bertukar pikiran, bertukar informasi, sampai bermimpi besar bersama-sama. Hal tersebut adalah hal yang sangat berharga bagi diriku bisa dipertemukan dengan mentor dan teman-teman seperti mereka.

Diprogram ini juga saya sudah mempelajari dan langsung praktekkan ilmu yang diberikan melalui modul pembelajaran maupun saat sesi live mentoring, aku juga mengikuti tes minat bakat, analisis nilai raport untuk mengetahui jurusan apa yang berpeluang besar ketika nanti aku daftarin.

Rekomendasi Jurusan Lampung Cerdas

Walaupun semua telah tersedia, tapi aku orangnya sedikit keras kepala heheh. Akhir kata aku tidak sama sekali mengambil rekomendasi jurusan yang diberikan karena aku merasa aku tidak begitu menyukainya (balik lagi karena aku memang keras kepala). Yang paling keras kepala lagi ketika mentor ku mengatakan untuk jalur undangan JANGAN lintas jurusan. Lintas Jurusan boleh tetapi harus yang merupakan jurusan Umum. Tetapi dipilihan kedua aku milih Linjur. Ada tugas akhir juga yang tidak aku selesaikan dengan baik yaitu pada Spiritual dan Sedekah Brutal. Alhasil saat pengumuman tiba Punyaku Merah (aku gagal masuk kampus dijalur Undangan).

Aku sangat sedih, sesedih-sedihnya, seketika duniaku hancur pada saat ini. Dibalik itu semua aku mengambil hikmah bahwasanya Keras Kepala disaat saat seperti ini, itu tidak baik, ibaratkan aku sudah diberikan saran dan jalan yang bagus tetapi tidak ku ambil, sudah diberikan 21 strategi tetapi tidak semua aku terapin dengan baik. Balik lagi ini semua salah diriku, mengapa aku keras kepala pada saat itu. Satu hal yang diriku sadari. Menangis dan menyesal itu tidak ada gunanya.

Baca Juga :  Persiapan latihan soal tes masuk untuk mendaftar kuliah

Pantang Menyerah

Aku harus tetap menatap kedepan sambil berkata aku harus buktikan bahwa aku bisa kuliah gratis dengan beasiswa (sambil berdoa “aku kuliah dimana aja ya Tuhan yang penting bisa dapat Beasiswa, jikapun di swasta tidak masalah dan jika di Negeri maka Mudahkan lah Proses itu Tuhan) . Satu langkah lagi yang kuambil yaitu Lanjut mengikuti Program Lampung Cerdas PRO SBMPTN (jalur tes UTBK 2022).

Sambil fokus UTBK aku juga sudah banyak mencoba berbagai jalur undangan swasta melalui program beasiswanya tetapi AKU GAGAL lagi. Lagi dan lagi, kegagalan seakan sudah menjadi teman ku untuk meraih kesuksesan. UTBK juga bukan merupakan perjuangan yang mudah, lebih sulit dari yang pernah aku bayangkan. Apalagi disini aku Lintas Jurusan dari awalnya aku SMA IPA jadi mengambil jurusan Lintas IPS. Aku linjur karena hal ini sudah aku pikirkan matang-matang dan aku siap dengan Resiko itu yaitu Belajar Ekstra. Hari demi hari aku lalui. Belajar Ekstra dari Ecourse Lampung Cerdas, megikuti Try Out yang diberikan, sampai pada batas AKU HARUS SADAR diri pada pilihan Universitas dan Jurusan.

Dibalik Pilihan Yang Sulit

Alhasil saya menurunkan standart pilihan saya karena sudah beberapa kali TO tetapi hasil tidak memuaskan. Tiba saat H-1 sebelum sebelum pengumuman UTBK saya dihadapkan pada dua pilihan yaitu : LULUS UTBK atau ikut tes Potensi Akademik penerimaan Beasiswa KIP Kuliah di salah satu Universitas Swasta di Jakarta (karena kemarin aku mendaftar dan lulus dalam seleksi wawancara) . Jika aku Lulus UTBK maka aku akan di Medan dan dekat dengan orang tua karena hanya beda kota saja, dan jurusan yang aku pilih pun sesuai dengan kemauan dan minat ku. Tetapi disaat-saat dilema karena yang Lolos wawancara harus mengikuti Tes akademik penerimaan beasiswa Kip Kuliah di Universitas swasta di Jakarta itu. Maka satu yang aku putuskan yaitu Jika diterima SBMPTN maka aku tidak akan mengikuti tes lanjutan dari beasiswa itu.

Tiba saat detik membuka pengumuman ternyata aku LULUS dan sempet tidak percaya karena pada waktu itu aku minta tolong untuk membukakan pengumuman kepada mentor di Lampung Cerdas, karena aku Trauma dengan pengumuman MERAH sewaktu SNMPTN dulu. Rasa kebahagian seolah terpancar dari diriku dan ibu ku pun senang mendengar berita bahagia ini. Akhirnya setelah perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, terbayar sudah dengan Pengumuman itu.

Baca Juga :  Mencapai Mimpi Kuliah Tanpa Tes: Temukan Peluang Baru

Mentoring Lampung Cerdas

Aku sangat bersyukur telah dipertemukan oleh Lampung Cerdas dan dengan seluruh mentor di Lampung cerdas terutama kak Syaifulloh dan juga kak Ahmad sebagai tim yang menaungi dan selalu siap menjawab berbagai pertanyaan kami di grup maupun secara personal. Sungguh bukan hal yang mudah bisa sampai dititik seperti sekarang ini. Tetapi satu hal yang saya amat syukuri yaitu Lingkungan dan teman tempat aku bertumbuh yaitu Lampung Cerdas adalah Kado Terindah dari tahun 2021-2022.

Banyak hal yang aku pelajari, hal yang aku lakukan bersama lampung cerdas mulai dari aktif mengikuti program-programnya sampai dimana aku menjadi tim Affiliate lampung cerdas. Dari program-program inilah aku semakin kenal dengan Lampung Cerdas dan sudah aku anggap seperti keluarga Kedua aku. Tempat dimana anak desa ini berani bermimpi besar, berani mengambil resiko, sampai bisa mewujudkan impiannya yaitu Kuliah Gratis. Aku juga merupakan penerima Beasiswa KIP KULIAH. Dimana Lampung Cerdas juga yang membantuku supaya bisa Lulus pemberkasan Kip kuliah melalui strategi yang diberikan.

Beasiswa Lampung Cerdas

Setelah diterima di Kampus Impian, Jurusan impian serta mendapatkan beasiswa Kip kuliah. Aku ingin semakin dekat dengan keluarga Lampung Cerdas yaitu dengan cara Mengikuti rangkaian seleksi dari beasiswa ini. Melaui seleksi berkas, esai sampai tahap akhir yaitu wawancara. Suatu kebahagiaan yang benar-benar Luar Biasa. Dimana salah satu Impianku lagi dan lagi aku Coret karena sudah Tercapai. Tidak berhentinya saya mengucapkan rasa Syukur atas nikmat yang Tuhan berikan. Setelah di ingat-ingat lagi ternyata Kegagalan adalah batu loncatan menuju kegemilauan masa depan. Hal itu yang saat ini aku rasakan.

Mengawali hidup sebagai mahasiswa dan sangat bersyukur tidak membebani orang tua soal biaya hidup dan juga biaya kuliah adalah kebahagiaan terbesar ku. Memasuki Semester 1 berjalan mulus dan semester 2 penuh dengan Rintangan dikarenakan saya mendapat musibah HP ilang H-3 sebelum UAS berlangsung. Dan saya memerlukan handphone untuk bisa belajar saat ujian. Sangat tidak memungkinkan bagi diriku untuk meminjam handphone kakak/teman. Karena mereka juga membutuhkannya. Saya bersyukur sekali lagi saya masih bisa backup hal ini dengan beasiswa yang saya dapatkan. Alhasil sebenarnya saya ingin menabung untuk membeli laptop tetapi karena satu dan lain hal, apalagi musibah yang saya dapatkan. Aku harus mengubah plan dengan membeli handphone baru agar bisa tetap mengejar perkuliahan dan ujian yang berlangsung. Terima kasih Lampung Cerdas. Saya tidak menyangka sebelumnya jika ada pengeluaran mendadak seperti ini dan dengan beasiswa ini sangat amat membantu saya dalam menempuh perkuliahan.

Baca Juga :  Tips Mendapatkan Nilai Tinggi di Kelas

Aku jadi semakin ingin terus berkontribusi dalam setiap Program yang diadakan lampung Cerdas. Dengan niat awal kami untuk membuat akun instagram penerima beasiswa yaitu @beasiswa.lampungcerdas_2022, dan akun ini juga nantinya akan kami berikan kepada the next penerima beasiswa. Aku juga ingin turut aktif mengembangkan akun ini dengan sharing pengalaman dan merekomendasikan setiap program dari Lampung cerdas. Selain itu dengan menjadi panitia Affiliate Lampung Cerdas aku bisa menyalurkan kebermanfaatan kepada siswa-siswi kelas 12 diseluruh Indonesia dengan pengalamanku, mengajak mereka kenal dengan Lampung Cerdas sampai mereka ngikuti jejak ku untuk memilih Lampung Cerdas sebagai wadah mereka bertumbuh terutama mengejar Kampus impian.

Aku juga berharap dimasa depan aku bisa turut ambil andil yang lebih besar untuk ikut mendukung setiap program-program yang diadakan Lampung Cerdas. Hal ini bukan semata aku lulus ke PTN Karena Lampung Cerdas, tapi ini karena memang aku bener-bener dapat banyak sekali Benefit dari mengikuti setiap program yang diadakan Lampung cerdas. Terutama membangun Mental dan Mindset seorang Pejuang Kesuksesan. Aku juga bercita-cita dimasa depan bisa memberikan beasiswa juga kepada siswa kelas 12 yang nantinya akan menempuh perkulihan. Karena aku sadari sekali betapa sulitnya berada dikondisi seperti itu.

Aku ingin semakin berkontribusi pada pendidikan di Indonesia terutama dalam hal ini yaitu turut serta dalam memberikan beasiswa. Semoga Lampung Cerdas Semakin Berjaya dan pastinya terus bertumbuh untuk membantu siswa-siswa yang ingin Kuliah, keterima beasiswa, membahagiakan orang tua dan pastinya menuju Kesuksesan yang di impikan.