ITB Terima 2.093 Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 2023: Ini Fakta-Faktanya

ITB Terima 2.093 Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 2023: Ini Fakta-Faktanya

Educate Kampus Area
image_pdf

Halo, sobat cerdas! Apakah kamu salah satu dari 2.093 mahasiswa baru yang diterima di ITB melalui jalur SNBP 2023? Atau mungkin kamu masih penasaran dengan jalur seleksi yang satu ini? Jangan khawatir, karena di artikel ini kita akan membahas segala hal tentang SNBP 2023 di ITB. Yuk, simak fakta-faktanya berikut ini!

Apa itu SNBP 2023?

SNBP 2023 adalah singkatan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi 2023. Ini adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang berdasarkan pada prestasi akademik dan non-akademik siswa di sekolah. SNBP 2023 digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan diikuti oleh 85 perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia.

Bagaimana Cara Mendaftar SNBP 2023?

Untuk mendaftar SNBP 2023, kamu harus memiliki akun di Laman Pendaftaran SNPMB. Di sana, kamu harus mengisi biodata, pilihan program studi, dan unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan, seperti rapor, sertifikat, dan lain-lain. Kamu juga harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi pilihanmu, termasuk ITB. Persyaratan tersebut bisa kamu lihat di Laman SNBP ITB.

Kapan Pengumuman SNBP 2023?

Pengumuman SNBP 2023 dilakukan pada tanggal 28 Maret 2023, pukul 15.00 WIB. Kamu bisa melihat hasilnya di Laman Pengumuman SNPMB atau Laman SNBP ITB. Jika kamu dinyatakan lulus, selamat! Kamu berhak menjadi bagian dari ITB, salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Jika belum, jangan sedih! Masih ada jalur seleksi lain yang bisa kamu coba, seperti SNBT, SBMPTN, dan lain-lain.

Siapa Saja yang Diterima ITB dari Jalur SNBP 2023?

Dari 15.451 siswa yang mendaftar ke ITB melalui jalur SNBP 2023, hanya 2.093 orang yang diterima. Mereka berasal dari 24 provinsi di Indonesia, dan sebagian besar dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Di antara mereka, ada 222 orang yang merupakan calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), yaitu program bantuan biaya pendidikan bagi siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga :  Tips Belajar Ketika Ramadan

Program Studi Apa Saja yang Ditawarkan ITB dari Jalur SNBP 2023?

ITB menawarkan 40 program studi dari 12 fakultas/sekolah melalui jalur SNBP 2023. Program studi tersebut tersebar di tiga kampus ITB, yaitu kampus Ganesa di Bandung, kampus Jatinangor di Sumedang, dan kampus Cirebon di Cirebon. Beberapa program studi yang paling diminati oleh siswa adalah STEI-Komputasi, FTTM, SBM, FTI, FSRD, dan SF. Berikut adalah tabel distribusi penerimaan berdasarkan pilihan fakultas/sekolah:

Fakultas/Sekolah Terima
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – Matematika 93
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) – Ilmu Pengetahuan Alam 167
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Sains 74
Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) – Rekayasa 172
Sekolah Farmasi (SF) 67
Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) – Kampus Ganesa 166
Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB) – Kampus Cirebon 30
Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Ganesa 126
Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) – Kampus Cirebon 95
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Komputasi 133
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) – Rekayasa 102
Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) – Kampus Ganesa 140
Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) – Kampus Jatinangor 60
Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Ganesa 132
Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Jatinangor 60
Fakultas Teknologi Industri (FTI) – Kampus Cirebon 31
Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) 123
Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) – Kampus Ganesa 81
Sekolah Arsitektur Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) – Kampus Cirebon 31
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Ganesa 111
Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) – Kampus Cirebon 15
Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) 84
Jumlah 2.093
Baca Juga :  Rekomendasi Kampus atau Perguruan Tinggi di Pulau Jawa

Bagaimana Prospek Karir Lulusan ITB dari Jalur SNBP 2023?

Lulusan ITB dari jalur SNBP 2023 memiliki prospek karir yang cerah dan menjanjikan. Mereka memiliki kompetensi yang tinggi di bidangnya, serta keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Mereka juga memiliki jaringan yang luas dengan alumni-alumni ITB yang tersebar di berbagai sektor, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, baik di ITB maupun di perguruan tinggi lain yang berkualitas.

Nah, itu dia fakta-fakta tentang SNBP 2023 di ITB. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang satu ini. Jika kamu punya pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

1 thought on “ITB Terima 2.093 Mahasiswa Baru dari Jalur SNBP 2023: Ini Fakta-Faktanya

Comments are closed.