Review Buku Horde

Uncategorized
image_pdf

Pada artikel ini saya sebenarnya bukan mau mengulas sebuah buku, melainkan ingin menceritakan bagaimana bangsa mongol yang hanya bangsa nomaden bisa menguasai separuh dunia?

Bangsa Mongol

Jadi buku the horde menjelaskan tentang cara bangsa mongol menaklukan suatu wilayah dari asia timur hingga ke eropa timur. Pada awalnya bangsa mongol itu bangsa yang terpecah-pecah, mereka saling berperang satu sama lain, hingga lahirnya suatu anak yang bernama temujin yang kelak akan menjadi Founding Father Kekaisaran mongol. Genghis khan sadar betul tentang persatuan suatu bangsanya. Jadi dia mulai menyatukan bangsa mongol dengan kekeluargaan sampai dengan jalur kekerasan. Sampai ketika bangsa mongol akhirnya bersatu dibawah Genghis Khan.

Raja Genghis Khan

Raja dari kekaisaran mongol tersebut melihat suatu ambisi yang besar, yaitu menaklukan China. China sendiri sudah melemah dan sudah mengalami perang saudara. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik Genghis khan untuk menguasai China namun Genghis Khan meninggal duluan saat melakukan ekspansi ke China. Meninggalnya genghis khan menimbulkan pertanyaan siapa yang akan menggantikan raja dari kekaisaran mongol. Genghis juga berpesan tentang pembagian wilayah yang dilakukan oleh Genghis Khan.

Mungkin pertanyaannya bagaimana bisa bangsa mongol bisa sangat mengerikan hingga bisa menguasai hampir seluruh eropa? Jawabannya jelas yaitu KUDA, tidak salah kuda menjadi salah satu bukti bahwa mongol pada saat itu sangat bahaya, pasukan mereka kebanyakan berkuda sehingga pasukan mongol sangat ahli dalam berkuda, sangking ahlinya dalam berkuda, pasukan mongol bisa memanah sambil berkuda dengan sangat akurat.

Strategi Bangsa Mongol

Memanah sambil berkuda ini menjadi salah satu taktik andalan mongol yaitu selalu memancing musuh. Pasukan mongol itu selalu kalah jumlah ketika berperang, maka pasukan mongol itu menggunakan taktik sergap, yaitu melakukan provokasi kepada pasukan lawan hingga menggiringnya dalam sebuah perangkap, kemudian diserang dari segala wilayah. Taktik inilah yang membuat pasukan mongol itu hampir tidak kalah perang.

Baca Juga :  MAIN INSTAGRAM

Jika kita lihat, taktik mongol itu tidak jauh dari berkuda pertanyaannya kan begini “bagaiman dengan kudanya? Apakah tidak kelelahan?” pasukan mongol tentu sudah tau permasalah ini, jadi pasukan mongol selalu bawa kuda cadangan ketika mau invasi suatu wilayah, yang dimana kuda yang sudah lelah akan diistirahatkan dan digantikan dengan kuda yang lebih segar. Karena inilah pasukan mongol bisa bergerak sangat cepat dari wilayah ke wilayah lain.

Buku ini cukup direkomendasikan bagi yang menyukai sejarah terutama ingin mempelajari kebudayaan bangsa mongol. Silahkan teman teman baca buku ini

terimakasihhh

Comments are closed.