Perbedaan antara laki-laki dan perempuan

Uncategorized
image_pdf

Pernah nggak si temen-temen baca buku yang judulnya “Men are from Mars and Women are from venus?? Nah sebetulnya pembahasan yang didalamnya adalah perbedaan antara laki-laki dan perempuan hehe. Bagi yang membaca di awal pasti udah senyum-senyum duluan nih :D.

Kita sama-sama sadar bahwa laki-laki dan perempuan sangatlah beda, mulai dari cara pandangnya, cara berfikirnya, cara memeperlakukan masing-masing. Nah menurut saya wajib dan pasti berbeda antara laki-laki dan perempuan, karena kalo keduanya sama sama maka kita akan sulit untuk Bersatu menjalin sebuah hubungan hehe. Hubungannya jadi kurang pernak-pernik kesalah pahaman, saling marahan, berfikirnya nggak ada yang beda jadilah merasa sudah sempurna dan saling ngerti, tapi kalo kita berbeda maka akan banyak hal yang tentu kita pelajari sebagai manusia, baik laki-laki atau perempuan.  

Laki-laki dan Perempuan

Sebenarnya apa sih arti dari laki-laki itu dari mars dan perempuan dari venus? Sebenarnya tidak ada makna khusus atau beneran perempuan itu dari venus atau laki-lai dari mars hehe. Ini hanya menggambarkan bahawa laki-laki dan perempuan itu berasal dari tempat yang berbeda. Dikisahkan bahwa laki-laki adalah penduduk mars yang meneropong melalui teleskop dan menemukan orang-orang venus. Meihat penduduk venus, tumbuhlah perasaan-perasaan yang belum pernah mereka kenal. Mereka jatuh cinta dan langsung segera menciptakan penerbangan ke venus.

Orang venus menyambut orang mars dengan tangan terbuka. Secara naluriah mereka paham dan sadar bahwa perasaan ini akan dating dan hati mereka terbuka lebar-lebar untuk cinta yang belum pernah mereka rasakan.

Cinta venus dan Mars

Cinta antara penduduk venus dan penduduk mars terasa Ajaib. Mereka senang berkumpul Bersama, melakukan segala sesuatu Bersama, dan saling berbagi rasa. Meskipun berasal dari dunia yang berbeda, mereka Bahagia atas perbedaan-perbedaan itu. Berbulan-bulan mereka mempelajari, menjajaki, dan menghargai kebutuhan-kebutuhan, kesukaan-kesukaan, serta pola tingkah laku mereka yang berlainan. Selama bertahun-tahun mereka hidup Bersama dalam cinta dan keselarasan.      

Baca Juga :  Syarat Daftar UTBK SNBT 2023

Kemudian mereka memutuskan untuk turun ke bumi. Pada awalnya segala sesuatu indah dan menyenangkan. Tapi pengaruh atmosfer bumi mulai terasa, dan pada suatu pagi setiap orang terbangun dan mengalami amnesia selektif yaitu mereka penduduk venus dan mars lupa bahwa mereka berasal dari planet yang berbeda. Sesuatu yang mereka ketahui tiba-tiba terhapus dari ingatan dan pada saat itu para laki-laki dan perempuan terus bertengkar.

Itulah sedikit cerita singkat terkait laki-laki dari mars dan perempuan dari venus. Yang pada intinya adalah buku ini menceritakan tentang adanya perbedaan-perdaan mendasar antara laki-laki dan perempuan. Dan banyak banget perbedaannya, yang paling mendasar adalah terkait pemberes masalah dan panitia perbaikan masalah dalam rumah.

Keluhan Laki-laki dan Perempuan

Keluhan yang paling sering diungkapkan oleh perempuan mengenai laki-laki adalah bahwa pria tidak pernah mendengarkan. Biasanya pria sama sekali mengabaikan wanita Ketika berbicara, atau pria itu mendengarkan beberapa waktu, menilai apa yang merisaukan hati wanita, kemudian dengan bangga menawarkan pemecahan untuk membuat si wanita merasa lebih baik. Tapi pria jadi bingung manakala wanita tidak menghargai uluran cintanya. Entah berapa kali si wanita mengatakan kepada si pria bahwa ia tidak mendengarkan, si pria tetap tidak memahaminya dan terus melakukan hal yang sama. Sang wanita membutuhkan empati, tapi pria berpendapat bahwa wanita menghendaki pemecahan.

Keluhan yang paling sering diungkapkan pria mengenai wanita ialah bahwa wanita senantiasa mencoba mengubah pria. Apabila seorang wanita mencintai seorang pria, sang Wanita merasa bertanggung jawab untuk membantu pria itu dalam pertumbuhannya, dan mencoba menolong si pria melakukan segala sesuatunya. Sang wanita menyusun sebuah panitia per baikan rumah dan sang pria menjadi sasaran utama Wanita itu.

Meski sang pria menolak bantuan si wanita, si Wanita bertahan terus, menanti peluang untuk membantu sang pria atau mengatakan apa yang harus dilakukannya. Sang Wanita menganggap dirinya mengasuh sang pria, sementara sang pria merasa dirinya dikuasai. Sebaliknya, sang pria mendambakan penerimaan oleh si wanita. Kedua masalah itu akhirnya dapat dipecahkan dengan ter lebih dahulu memahami mengapa pria menawarkan pemeahan-pemecahan dan mengapa wanita berusaha untuk memperbaiki. Marilah kita berpura-pura kembali ke masa lalu; dengan mengamati kehidupan di Mars dan Venus- sebelum planet-planet itu saling menemukan atau sebelum mereka datang ke Bumi – kita dapat memperoleh pemahaman-pemahaman tertentu mengenal kaum pria dan kaum wanita.

Kehidupan di Mars

  1. Arti diri laki-laki ditentukan oleh kemampuannya mencapai hasil-hasil
  2. Menawarkan nasihat yang tidak diminta kepada laki-laki berarti mengganggap ia tidak tahu apa yang harus dilakukan, atau bahwa dia tak dapat melakukannya sendiri
Baca Juga :  Basa-basi yang tak basi

Kehidupan di mars atau kubu laki-laki selalu berfokus pada hasil yang mereka capai. Mereka akan sangat merasa senang dan bangga menunjukkan dirinya bisa mencapai hasil-hasil tertentu dalam hidupnya. Nah yang kedua, ternyata kalau laki-laki itu tidak menerima nasihat yang tidak dia minta. Jadi kalo dia lagi cerita, kemudain dia tidak meminta solusi maka perempuan cukup mendengarkan, kalo sudah dimintai nasihat barulah berbicara. Karena bagi mereka memberikan pendapat Ketika tidak diminta, itu artinya kaum perempuan sedang mengejek laki-laki bahwa dia tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

Sedangkan kehidupan di Venus

  1. Arti diri seorang Wanita ditentukan melalui perasaan-perasaannya dan mutu hubungan-hubungannya.

Kalau laki-laki berfikir secara logis nah Wanita ini lebih mengutamakan perasaan-perasaannya yang harus di validasi. Wanita sering sekali merasa dirinya tidak pernah didengar Ketika bercerita, pria berusaha mendengar setiap kali dan langsung memberikan nasihat padahal mudah bagi Wanita. Ketika didengarkan secara teliti dan penuh perhatian maka teknis selanjutnya adalah memvalidasi perasaan-perasaan mereka. Hal ini sering terjadi pada diri saya sendiri hehe , saya sudah menikah dan usia pernikahan jalan 5 tahun. Suka banget cari gara-gara dengan cerita Panjang lebar dan setelah bercerita sama si pak suami langsung ditanggapi dengan memberikan arahan dan nasihat, ehh malah bete dan kesel.

Padahal pengen banget di validasi dulu perasaannya, beda Ketika saya ngobrol dengan pak suami dan sengaja banget minta pendapat beliau, nah kalo gitu baru deh nerima pendapat dan apa yang dibilanginnya. Pantes aja kalo saya cerita ke teman perempuan itu saya merasa sangat nyaman sekali, karena ternyata abis saya cerita masalah yang saya rasakan divalidasi olehnya dan kemudian menceritakan pengalaman yang juga dialaminya. Kembali lagi karena kami berasall dari satu rumpun yaitu Wanita. Makanya saya membaca buku ini supaya lebih memahami bagaimana perbedaan-perbedaan antara pria dan Wanita supaya tidak karena hal sepele jadi marahan hehe.

Perbedaan Di Kehidupan Nyata

Ada lagi satu hal kenyataan yang saya alami, pernah di suatu waktu saya melihat suami seperti berat sekali berfikir. Pada saat itu juga saya langsung nanya “kalo ada masalah boleh lho cerita” dengan gaya wanitanya heheheh langsung dijawab oleh paksuami “kalo ada masalah yang saya belum bisa selesaikan, saya akan bertanya dan minta solusi, tapi kalo saya masih diam saja, artinya saya masih berupaya untuk mencari solusi dari apa yang saya fikirkan”.

Baca Juga :  The Coaching Habbit by Michael Bungay stainier

Seketika mengingat cerita itu langsung senyum-senyum sendiri pas baca perbedaan kehidupan mars dan venus hehe ternyata benar, laki-laki selalu berupaya pada hasil dan tidak menerima nasihat pada saat itu juga kecuali saat diminta. Alhamdulillah dengan baca buku ini makin-makin deh negrti perbedaanya hehe

Tentu banyak banget hal lain yang belum bisa saya share di tulisan ini, temen-temen beoleh banget membaca bukunya ya

Selamat membaca ^_^

Semoga bermanfaat..