HIDUP SEHAT ALA MILENIAL [Riview Buku]

Educate
image_pdf

HIDUP SEHAT ALA MILENIAL

Mau tahu tips-tips sehat ala milenial? Mau tau tips-tips sehat ala Rasulullah Saw? Nah… ada nih 1 buah buku yang ditulis oleh Firda Bilma Asyifa Fauziah dengan judul HIDUP SEHAT ALA MILENIAL. Buku ini adalah buku yang ditulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penulis mengenai kesehatan dalam pandangan Islam. Firda Asyifa Fauziah adalah seorang dokter gigi yang bekerja di sejumlah klinik di Tangerang-Jakarta. Nah buku ini adalah buku yang berdasarkan mengenai pandangan Islam seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. Buku ini terdiri dari 5 bab yang isinya sangat menarik, full color dan sangat mudah dipahami. kita akan bahas kita akan mereview satu-persatu bab demi bab isi dari buku hidup sehat ala milenial. 

Bab yang pertama itu berisi tips sehat ala Avicenna. Siapa sih Avicenna? Avicenna atau Ibnu Sina adalah seorang bapak dokter modern. Dia adalah seorang muslim yang berpikiran maju adalah seorang yang sangat dihormati dalam ilmu kedokteran. Banyak sekali karya-karyanya yang sangat berkontribusi besar dalam kedokteran, seperti penemuan mengenai penyakit menular salah satunya tuberculosis (TBC) dan masih banyak lagi.

Ada 2 karya terbesar yang sangat berpengaruh dalam dunia kedokteran, dua karya dari Ibni sina yaitu ensiklopedia filsafat kitab Al-Syifa atau buku penyembuhan dan the Canon of medicine. Ini menjadi dua warisan bagi dunia kedokteran yang diakui oleh dunia barat. Beliau telah membaca Al-quran dan sastra sejak umur 10 tahun. Pada usia 16 tahun mulai mengenal ilmu kedokteran, dan pada usia 18 tahun sudah menguasai berbagai ilmu pengetahuan seperti, filsafat, kedokteran, matematika, logika, astronomi, bahasa, musik, sastra, dan hukum islam.

Baca Juga :  Jurusan Kuliah Paling Mudah: Realita atau Mitos?

Ada beberapa tips hidup sehat ala Avicenna yang ditulis dalam buku ini yaitu:

  1. Menyeimbangkan emosi 
  2. Memilih makanan dan minuman yang sehat 
  3. Mengeluarkan hal-hal buruk atau racun dari dalam tubuh 
  4. Menjaga perpaduan jenis yang masuk ke dalam tubuh yang 
  5. Menjaga kemurniaan udara yang dihirup 
  6. Menjaga diri dari kemungkinan kemungkinan penyakit yang ada di luar tubuh 
  7. Menyeimbangkan antara gerak tubuh gerak pikir termasuk antara tidur dan terjaga 

Selanjutnya buku ini membahas tentang literasi sehat muslim milenial. Dalam bab ini ada rumus khusus yang di ajarkan Rosullullah dalam mengisi perut untuk menjaga kesehatan tubuh. Dianjurkan untuk mengisi perut dengan ⅓ makanan, ⅓ minuman dan ⅓ bernapas. Untuk sehat diajarkan untukmenjaga pola makan, olah raga, mandi, diet yang tepat, dan tidur yang berkualitas.

Ada beberapa literasi kesehatan yang ditulis ulama sepanjang sejarah islam, antara lain :

  1. Al-qanun fi al-thibb karya ibnu sina
  2. Al-hawi fit-thibb karya al-razi
  3. Kitab al-mukhatarot fi al-thibb karya ibnu hubal
  4. Al-mijiz fi al-thibb karya ibnu al-nafis

Ada masih banyak lagi karya mengenai kesehatan yang ditulis oleh muslim dan sangat berpengaruh, ini membuktikan literati kesehatan di lingkungan islam sangat kental sekali.

Dalam bab selanjutnya yang berjudul Berdamai dengan penyakit mengajarkan tentang keyakinan untuk sembuh.saat kamu berada di posisi sakit tetaplah memiliki keyakinan untuk sembuh dan berusaha berobat secara medis dan berdoa hingga meningkatkan semangat hidup dan sehat. Ada satu kutipan dalam buku ini yang berisi “Mengeluh ketika sakit adalah hal yang manusiawi. Namun, dalam Islam keluhan jangan lantas menyebabkan kita putus asa dan melawan kehendak Allah”. Dalam buku ini juga ditulis bahwa Rasulullah juga pernah mengeluhkan sakitnya tetapi dalam jumlah atau batas yang wajar, tidak menunjukkan sikap melawan dan putus asa.

Baca Juga :  REVIEW BUKU WONG NDESO REJEKI KUTO

            Pada halaman 81 kita juga ditunjukkan hasil sebuah penelitian oleh Newsweek, bahwa 72% masyarakat amerika percaya bahawa doa dapat menyembuhkan seseorang dan berdoa membantu kesembuhan. Buku ini juga banyak membahas contoh kisah tentang efek doa bagi kesembuhan yang di sebutkan dalam Al-Quran. Salah satunya  QS. Al Anbiyaa’ ayat 83-84 yang mengisahkan tentang nabi Ayub yang Allah sembukan dari penyakitnya. Nah saat kamu sakit selalu sempatkan berdoa dan memohon kesembuhan dari Allah yaa.

Bab selanjutnya membahas tentang Kesehatan Tubuh dan Jiwa dalam Islam. Dalam buku ini digambarkan bahwa sehat berarti memiliki jasmani yang sehat dan rohani yang juga sehat. Dalam kitab fikih kebersihan dan kesehatan sering di sebut Thaharah. Makna thaharah tidak hanya untuk badan atau tubuh saja tetapi juga mengenai kebersihan lahir dan batin.

Imam Al-Ghazali membagi proses thaharah kedalam 3 bagian yaitu :

  1. Membersihkan dari najis yang ada ditubuh kita
  2. Membersihkan anggota badan dari dosa
  3. Membersihkan hati dari sifat-sifat tercela

Kesehatan tubuh menurut presfektif islam terdiri dari banyak hal bukan hanya jasmani saja tetapi jugakesehatan rohani, kesehatan tempat, kesehatan makanan, kesehatan lingkungan,kesehatan rumahtangga dan kesehatan harta. Hanya dengan kesehatan Jiwa, Fisik dan spiritualis maka manusia dapat menemukan kebahagiaan seutuhnya.

Bab yang terakhir yaitu Teladan sehat Rasulullah bagi milenial mengajak kita untuk meneladani sehat ala Rasulullah. Ada beberapa tips kesehatan yang kita bisa teladani dari Rasulullah yaitu :

  1. Sering berpuasa

Aktivitas menahan diri dari segala bentuk godaan jasmani maupun rohani ini dapat menjaga keseimbangan tubuh.

  • Taqul al-ghida’ (menyedikitkan makan)

Dalam dunia medis banyak penyakit yang ditimbulkan oleh konsumsi suatu makanan yang berlebihan. Maka akan lebih baik makan disaat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

  • Menjaga kebersihan
Baca Juga :  Review Buku Buku Self-Theories

Kebersihan adalah sebagian dari iman,Rasulullah selalu mengajarkan untuk menjaga kebersihan.

  • Menjaga kesehatan gigi dan mulut

Gosokgigimu 2x sehari malam sebelum tidur dan pagi setelah sarapan. Beri jeda 30 menit setelah selesai makan ke waktu gosok gigi agar  menghindari terkikisnya permukaan gigi akibat gerakan mekanis dari bulu sikat gigi.setelah menggosok gigi hanya di sarankan 2x berkumur, agar kandungan fluoride dapat menyerap dengan baikke permukaan gigi.

  • Jangan marah

Sifat pemarah memiliki kaitan dengan penyakit jantung dan datah tinggi. Saat emosi bersabar dan ucapkan istighfar yaa.

  • Shalat dengan gerakan yang benar

Gerakat shalat yang benar memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

  • Silaturrahim (Bersosialisasi)

Dalam kajian di Harvard School Of Public Health, seseorang yang memiliki hubungan yang baik akan lebih kecilpeluang terkena penyakit kronis.

  • Olahraga

Olahraga juga penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Lakukan olahraga ringan setiap hari.

  • Cukup Istirahat

Rasulullah selalu menjaga kesehatan tubuhnya dengan mengistirahatkan tubuhnya dengan tidur dalam waktu yang singkat tapi berkualitas. 

            Itu dia banyak hal yang bisa kita pelajari dari buku HIDUP SEHAT ALA MILENIAL. Buku yang sangat enarik untuk di pejari dan di peraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Terimakasih telah membaca semoga bermanfaat, selamat berburu buku dan bye…….
By: Vebri yana