NUSANTARA : SEJARAH INDONESIA

Uncategorized
image_pdf

Hallo teman – teman semua kembali lagi salfareza dalam artike lampung cerdas yaitu REVIEW BUKU. Buku yang kita akan review yaitu buku NUSANTARA : SEJARAH INDONESIA. Buku ini karangan dari Bernard H.M Vlekke. Buku ini juga cukup tebal yaitu 528 halaman. Buku ini sendiri adalah buku terjemahan dari penulis asal belanda tersebut.

Mengumpulkan sejarah yang dibukukan dalam waktu yang lama tidaklah mudah. Banyak pembahasan yang harus diperhatikan bahkan hal sekecil apapun, salah satu contohnya adalah cara mengupas koopi di perkebunan pada masa Hindia Belanda. Namun buku ini menjelaskan sejarah nusantara cukup berisi dengan bobot yang bisa di mengerti. Buku ini bukan hanya membahas sejarah saja, tulisan dalam buku ini dicampurkan dengan pemakaian kata yang dramatic sehingga membuat kita sebagai pembaca masuk ke dalam bukunya.

Referensi buku ini cukup banyak sehingga apabila teman-teman ingin melihat sumber yang jauh lebih rinci teman-teman bisa melihat referensi atau catatan kaki yang dimuat oleh penulis. Saya rasa penulis dalam menulis tentang sejarah nusantara mendapatkan porsi yang pas meskipun unsur subjektif dalam penulisan sejarah itu tidak bisa dihindari, namun saya rasa buku ini memberikan porsi yang pas terhadap sejarah antar dua negara ini yaitu Indonesia dan Belanda mungkin ada yang keliru dalam terjemahan seperti kata culturstessel diartikan sistem kultur, menurut kita adalah kerja paksa.

Jadi buku ini direkomendasikan untuk pembaca yang ingin mengetahui sejarah Indonesia yang lebih luas. penulis memberikan pendapatnya dari berbagau sumber sehingga bisa dibedakan mana kutipan, mana opini penulis.

Baca Juga :  Happiness without Money