Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Uncategorized
image_pdf

Halo temen-temen yang setia membaca artikel di laman lampungcerdas. Pada artikel kali, mimin akan membahas buku yang berjudul Rahasia Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun.

Buku ini termasuk dalam self improvement yang membahas tentang bagaimana sikap manusia dalam menghadapi suatu masalah.

Apa pentingnya bersikap Tenang

Banyak orang menyarankan untuk tenang menghadapi hidup. Karena sejatinya hidup hanya menyelesaikan masalah demi masalah. Nah, karena itu kalian harus tau apa pentingnya bersikap tenang, Yaitu :

  1. Sikap Tenang memberi kedamaian. Mengambil sikap tenang ketika masalah datang membuat suasana di sekitar tetap kondusif.
  2. Sikap tenang membuat lebih berkonsentrasi. Saat menghadapi situasi buruk, ketenangan dapat menjaga konsentrasi tetap stabil.
  3. Sikap tenang mengesankan anda sebagai pribadi aktif. Ketenangan yang anda miliki menjadi cermin pikiran.
  4. Sikap Tenang memperkecil tekanan diri anda. Bersikap tenang membuat lebih relaks.
  5. Sikap tenang membuat rasa panik pergi. ketika dapat tenang dalam menghadapi situasi apapun, kita akan terhindar dari rasa panik.
  6. Sikap Tenang ketika menghadapi suatu masalah, menghindari kita dari sikap ceroboh merugikan.
  7. Sikap Tenang dapat menjadi kekuatan bagi menghadapi masalah.
  8. Sikap tenang berefek baik pada kesehatan, menjaga diri kita dari emosi meluap-luap, emosi tidak terkendali yang akan menggangu.
  9. Sikap Tenang memengaruhi daya ingat. Bersikap dengan tenang menghadapi masalah membuat emosi tetap stabil.
  10. Sikap tenang membangun rasa percaya diri. ketika mampu bersikap dengan tenang, semua hal ada dalam kendali kita.
  11. SIkap Tenang membawa keseimbangan energi. Sikap tenang yang kita bawa, akan membangan keseimbangan.

Kenali Diri Anda

Dengan mengenal baik diri sendiri, Anda membuka pintu masuk tepat. Karena mengenali diri sendiri adalah Fondasi utama usaha mengambangkan diri. Pada dasarnya, manusia memiliki 4 jenis atau tipe kepribadian yaitu :

  1. Kepribadian Koleris
  2. Kepribadian Melankolis
  3. Kepribadian Sanguinis, dan
  4. Kepribadian Plegmatis

Perkuat Potensi Diri

Kalau kita ibaratkan, potensi dalam diri adalah pedang yang bisa menjadi senjata ketika diasah, dan hanya jadi pajangan ketika tidak dipergunakan. Adapun ada beberapa potensi atau jenis-jenis potensi seperti :

  1. Potensi Berpikir
  2. Potensi Emosi
  3. Potensi Fisik
  4. Potensi Sosial
Baca Juga :  MARKETING 4.0 Bergerak dari Tradisional ke Digital

Masalah Pasti Datang, Jangan Tegang!

Pernahkah anda merasa muak dengan masalah yang tidak pernah berhenti menghampiri?. Baru selesai satu masalah, datang lagi masalah yang lain. Jika masalah adalah Ujian naik level, kita seharusnya butuh banyak masalah untuk sampai di level tertinggi.

Nah, untuk menghadapi masalah yang sering datang, ada beberapa tips atau strategi yaitu:

1. Stay Cool, kendalikan pikiranmu.

Perasaan panik kerap menyerang siapa pun, kapan pun, dimana pun secara tiba-tiba tanpa peringatan. Perasaan itu seperti teror yang lebih menakutkan di kepala kita daripada apa yang membuat kita panik atau situasi sebenernya. Serangan panik memang tidak berlangsung lama, tetapi dapat berulang kapan pundalam jangka waktu lama apabila tidak diatasi.

2. Rangkul Masalahmu! Ia ada untuk dihadapi, jangan lari lagi.

Seseorang yang tidak siap menghadapi masalah, tergoda melarikan diri. Padahal masalah ada untuk dihadapi, bukan dihindari, Makin pergi menghindar, makin lama masalah teratasi. Dampaknya bisa anda tanyakan pada diri anda sendiri. Maka untuk menghadapi masalah, kita harus berani mengakui keberadaannya.

Misal, satu anggota keluarga melakukan seks bebas hingga hamil. Masalah pun muncul, Untuk mengatasi masalah tersebut, mula-mula adalah mengakui masalah itu.

3. Masalah adalah tantangan, bukan sekadar beban.

Masalah adalah sesuatu yang tidak dapat diharapkan siapap pun. Namun ia tidak dapat ditolak apalagi dihindari, harus kita hadapi. Jadi kita harus menganggap masalah sebagai tantangan membuat diri terpacu mengatasi.

4. Observasi masalah, jangan terburu-buru

Menghadapi masalah jangan terburu-buru. itu bukan solusi tepat. Namun demikian bukan berarti kita boleh bersantai-santai sampai masalah makin parah.

5. Kuasai Masalah, jangan sebaliknya

Setelah mengobservasi masalah, anda dapat menguasai masalah tersebut. Jangan sampai terbalik anda yang dikuasai oleh masalah.

Baca Juga :  SALES HEBAT : Menjadi sales kuat tahan banting untuk penjualan dahsyat

6. Pertajam Analisis

Suatu masalah dapat teratasi apabila solusi tepat sasaran. Tepat dan tidaknya solusi tergantung ketajaman analisis.

7. Fokus pada satu masalah, Jangan serakah

Tidak semua orang dapat mengerjakan dua hal satu waktu. maka dari itu harus memilih mana dulu yang akan diselesaikan. Kamu harus bisa memilah masalah.

8. Meminta bantuan orang lain

Jika kamu tidak dapat menyelesaikan masalah, maka kamu bisa meminta bantuan orang lain.

Di atas beberapa poin yang saya dapatkan ketika membaca buku ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan menciptakan Motivasi baru bagi yang membacanya. jangan lupa membaca artikel kami yang lainya di Artikel Lampung Cerdas Terimakasih