SECOND BRAIN : BUKU BUAT YANG TEPAT UNTUK MENGALAMI KESUSAHAN DALAM MANAJEMEN BERKAS

Uncategorized
image_pdf

“Building A Second Brain is a methodology for saving and systematically reminding us of the ideas, inspirations, insights, and connections we’ve gained through our experience. It expands our memory and our intellect using the modern tools of technology and networks.”

Second Brain : Tiago Forte

Saat kita menyusun berkas yang di meja ataupun di komputer kita, kita sering meletakannya secara sembarangan. Hal inilah yang seringkali terjadi saat kita memerlukan berkasnya namun tidak bisa kalian temukan. Buku ini menjelaskan tentang manajemen berkas yang baik dan tepat. Buku ini karangan dari Tiago Forte, buku ini merupakan buku terjemahan jadi pastikan kalian mengerti bahasa inggris ya ketika membaca buku ini. Second Brain sendiri mempunyai arti menyimpan, menyortir segala informasi yang kita perlukan. Second Brain bukan hanya berguna untuk sekarang saja, melainkan akan sangat berguna untuk masa yang akan datang. Buku ini karangan Tiago Forte ini di lengkapi dengan beberapa contoh yang bisa membantu pembaca, khususnya buat pemula yang baru pertama kali menuysun berkas yang banyak, dan bisa saja kalian langsung mempraktikan metodenya setelah kalian baca.

KETAHUI DAHULU APA ITU PEKERJAAN KITA

Dalam buku ini ada sebutan knowledge worker yaitu berkaitan dengan apa itu pekerjaan kita. Seperti bagaimana mengatur waktu kita, mengatur berkas kita, dan mengambil banyak informasi. penjelasan ini yang artinya Knowledge Worker.

Tantangannya sekarang adalah saat kita dengan mudahnya mendapatkan informasi yang tidak terhitung jumlahnya, muncul juga masalah baru yaitu terlalu banyak informasi. banyaknya informasi yang kita dapat malah menimbulkan kebingungan dan menjadi ragu dalam mengambil keputusan, fase inilah bagaimana Second Brain bekerja. Kita perlu adanya sistem untuk menampung semua informasi yang kita dapat, kenapa harus adanya sistem? untuk mempermudah kita dalam manajemen berkas atau segala informasi yang kita peroleh.

Baca Juga :  TAJIR MELINTIR

kita sudah membahas tentang Second Brain, sekarang kita akan mengetahui tools apa saja yang di perlukan untuk menunjang Second Brain?. Untuk mengatur berkas secara online banyak aplikasi notes bisa kita buat Second Brain versi kita, seperti Notion, Google keep, Evernote dan banyak aplikasi note lainnya. Dalam buku ini kita akan fokus yang daring.

MEMBUAT SECOND BRAIN SENDIRI

Sekarang kita akan membuat Second Brain kita sendiri. Ada metode dalam membuat Second Brain, yaitu CODA (Capture, Organize, Distill, Express). Karena pekerjaan saya sebagai konten kreator yang memerlukan banyak berkas atau file berupa video. Saya menggunakan salah satu dari metode tersebut yaitu Organize. Jadi Organize di bagi lagi menjadi empat, kita singkat aja menjadi PARA (Project, Areas, Resource, Archives).

PARA

PROJECT

Project merupakan konten apa yang sedang kita kerjakan yang sedang berlangsung kamu bisa meletakannya file. Contohnya seperti di bawah ini

gambar ini menunjukan saya sedang mengerjakan project konten yang berjudul tanyatizen. Segala hal yang berkaitan dengan tanyatizen akan saya letakan pada folder ini seperti videonya, illustrasinya, animasinya.

AREAS

Selanjutnya adalah Areas. Jadi Areas ini segala informasi yang akan saya simpan dahulu yang akan berguna bagi kedepannya.

AREAS

Seperti di gambar ini, saya menyimpan Judul konten yang sebagai referensi saya dalam membuat konten.

RESOURCE

Kemudian adalah Resource. Bagian ini merupakan segala file mentahan yang sering saya pakai dalam membuat konten seperti contoh gambar di bawah.

pada gambar tersebut, saya menyimpan musik sebagai backsound ketika saya buat video.

ARCHIVES

Terakhir adalah Archives. Folder ini berguna ketika saya sudah mengerjakan project akan di letakan pada folder ini. Jadi segala Project yang telah saya buat akan di pindahkan kedalam folder ini. Tujuan file ini yaitu agar ketika saya memerlukan file yang telah saya buat saya akan cari di folder ini.

Baca Juga :  Millennials

Gambar ini adalah isi folder Archives saya ada beberapa project yang sudah saya kerjakan kemudian saya letakan di sini.

KESIMPULAN

Buku ini sangat cocok bagi kalian yang ingin mengatur berkas atau file kamu secara efisien dan sistematis. Buku ini juga bisa langsung kamu praktekan apabila kamu sudah membacanya. Pada buku ini juga kamu tidak perlu mengikuti persis dari Tiago Forte, kamu akan di berikan kebebasan dalam mengatur berkas atau file kamu.

Terimakasih telah membaca ulasan buku ini, buku mana lagi yang cocok untuk di ulas?

Ulasan buku yang cocok buat kamu juga

Ulasan Buku Life Revolution

Review Buku Kami Siap Tempur

Buku Second Brain Tiago Forte