Tahapan Pendaftaran SNBP 2023

Educate Uncategorized
image_pdf

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Halo sobat cerdas, Apa apa kabar hari ini, semoga selalu dalam kondisi yang sehat dan tetap bersemangat.

Pada artikel ini akan membahas tentang alur atau tahapan pendfataran SNBP 2023. Jadi untuk temen-temen yang mau kuliah, Informasi ini semoga membantu.

Alur SNBP 2023

Alur Pendaftaran SNBP 2023

Menurut release resmi dari website SNPMB dari KEMDIKBUD, ada 12 Alur atau tahapan daftar SNBP 2023.

Pengumuman Kuota

jadi tahapan pertama yaitu pengumuman kuota sekolah, jadi setiap sekolah itu mempunyai kuota untuk mendaftarkan siswanya berbeda-beda tergantung akreditasi sekolah masing-masing. untuk melihat kuota sekolahmu, kamu bisa membaca artikel kami dengan judul cara cek kuota sekolah SNPMB.

Registrasi Akun SNPMB

Setelah tahapan pengumuman kuota selesai, tahap selanjutnya adalah registrasi akun SNPMB. Ada 2 jenis akun yaitu Akun SNPMB untuk sekolah dan Akun SNPMB untuk siswa yang eligible atau sebagai siswa yang mendapatkan kuota sekolah.

Setelah data sekolah dan siswa sudah terdaftar dan memiliki akun. Tahap selanjutnya sekolah dapat melihat jumlah data siswa yang eligible dan juga sekolah bisa menentukan siswa mana yang terdaftar sebagai siswa eligible.

Pengisian PDSS

Tahap pendaftaran SNBP selanjutnya adalah sekolah harus mengisi PDSS (Pangkalan Data Siswa Sekolah). Data PDSS ini yang akan diolah sebagai salah satu penilaian untuk siswa yang mendaftar SNBP. Pengisian PDSS ini adalah tugas dari sekolah untuk menginputkan data ke sistem SNPMB.

Pendaftaran SNBP

Step selanjutnya adalah Siswa yang terdaftar sebagai eligible dan sudah memiliki akun SNPMB, akan ada waktu khusus untuk mendaftarkan diri ke jalur tes SNBP. Pada tahap pendaftaran ini, siswa juga harus memilih jurusan atau Program studi yang akan dituju sebagai jurusan saat kuliah.

Baca Juga :  10 Kampus Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik 2023 Versi Edurank
Tips Untuk Memilih Jurusan Kuliah

Nah ada beberapa tambahan Step pendaftaran seperti pengumpulan Portofolio untuk siswa yang memilih jurusan atau prodi membutuhkan Portofolio seperti Jurusan Seni, Penjas, dan lain lain.

Tahapan Pendaftaran SNBP

pada tahap ini pendaftaran SNBP sebenernya sudah selesai. Karena tahap selanjutnya yaitu menunggu pengumuman SNBP temen-temen semua, apakah diterima di salah satu jurusan yang dipilih atau tidak.

Selain itu, kamu juga harus mencari informasi tentang Syarat untuk mendaftar UTBK SNBT. Terimakasih sudah membaca artikel kami, Semoga bermanfaat!. Untuk teman-teman yang ingin mengikuti pembinaan SNBT dari lampung cerdas, bisa mendaftar ke program SNBT PLUS..