BUKU SAKU MASTAH ONLINE MARKETER (cara singkat menjadi online marketer)

Educate Uncategorized
image_pdf

Buku karya tim billionaire store ini di awal bab menceritakan tentang pengalaman kang Dewa Eka Prayoga yang pernah mengalami kegagalan dibohongi rekan bisnisnya sampai memiliki utang 7,2 Milyar. Nah dari pengalaman beliau, beliau memberikan beberapa pelajaran yang bisa kita ambil supaya kita tidak melakukan kesalahan yang sama seperti beliau. Selain itu beliau juga menyampaikan ceritanya dalam melunasi hutang-hutang tersebut.

Buku ini ditulis special untuk para pengusaha pemula yang ingin bangkit dari kebangkrutan, pengusaha lama yang ingin mendapatkan solusi untuk membangkitkan bisnis Kembali, untuk orang yang memutuskan berbisnis dan sedang mencari ilmu untuk membangun bisnis baru dan siapapun orang baik tua atau muda yang ingin memutuskan menjadi seorang pengusaha. Berikut beberapa hal yang menyebabkan bisnis bisa bangkrut.

  1. Asal action
  2. Ikut-ikutan
  3. Banyak gaya
  4. Mudah hutang
  5. Ingin cepat (ekpres suksesnya)

Di atas adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan bisnis bangkrut. Jadi Ketika kita menjalankan atau memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, sebaiknya kita mencari tau dulu siapa mentor atau guru yang bisa memberikan kita advice tentang bisnis yang sedang kita jalani, supaya bisnis yang kita bangun memang benar-benar melakukan runtutan yang benar, mengambil Tindakan yang benar dan bisnis kita bisa sukses dan yang terlebih penting kita tidak ikut-ikutan dalam membangun bisnis kita. Ketika masih membangun sebuah bisnis alangkah baiknya kita tidak banyak gaya terlebih dahulu ya heheh siapatau sementang baru bangun bisnis terus kita beli mobil terbaru, gadget terbaru, gaya berpakaian pun baru. Padahal semua yang dilakukan adalah dengan cara berhutang. Di buku ini disampaikan bahwa seorang pebisnis harus hati-hati dengan hutang. Jangan sedikit-sedikit berhutang apalagi pebisnis pemula.

Baca Juga :  Pareto : Maksimalkan Potensi Dirimu

Di bab selanjutnya membahas tentang kecelakaan bisnis kang dewa, tapi saya akan focus menyampaikan beberapa hal yang lebih penting yaitu bagaimana caranya move on dari kebangkrutan.

Bulatkan tekad bisnis

Di poin ini yang pertama dibahas adalah tentang alasan membangun bisnis. Apakah kita menjalani sebuah bisnis karena terpaksa atau memang betul-betul passion? Terpaksa maksudnya apakah menjalankan bisnis karena tuntutan hidup ( seperti membutuhkan uang), dikompori, dikompori orang, iris ama tetangga ataukah ada alasan lain? Nah itulah yang wajib di cek pertama kali.

  • Perbaiki nama baik
  • Mulai dari nol tanpa utang
  • Belajar dan focus
  • Tingkatkan penghasilan serta perkecil pengeluaran
  • Perbanyak ibadah

Setelah bab ini ditulis, ada beberapa tugas di tiap poinnya yang wajib kita jawab sebagai pembaca. Jadi ini buku sangat practional banget hehe langsung action. Setalah kita sudah move on, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya bisnis kita tidak gagal lagi.

Cari tahu ilmunya

Mencari tau ilmu tentang produk yang kita buat ataupun ilmu tentang marketingnya, cara membuat target, dan lain-lainnya. 7

Ikutilah prosesnya

Dibagian proses ini banyak hal yang harus diisi dan yang paling utama adalah tentang makna kesuksesan bagi diri sendiri. Didalam proses ada pembahasan terkait, starting bisnisnya, running bisnisnya, growing atau pertumbuhan bisnisnya.

Kita next “STRATEGI BANGUN BISNIS UNTUK PEMULA”  

  1. MEMAHAMI SUBSTANSI BISNIS

Di bab ini membahas tentang jenis bisnis yang akan kita jalani. Dan juga kita wajib memiliki value/nilai tentang produk yang akan kita jual. Karena orang beli bisa jadi bukan karena fisiknya tapi karena memang sangat merasakan nilai dari sebuah produk tersebut. Nah ada beberapa nilai yang harus ada di dalam produk kita.

  1. Need, benar-benar dibutuhkan oleh banyak orang
  2. Solution, menjadi pemecah masalah atau solusi bagi pembeli
  3. Better, unggul (produk terbaik)
  4. Uniqueness, memiliki keunikan tersendiri
Baca Juga :  Rekomendasi Jurusan untuk Anak Sosial: Pilihan yang Tepat untuk Menyalurkan Passion Mereka

Nah ketikakita memiliki beberapa value diatas, maka bisnis yang kta jalani atau produk yang akan kita jual itu akan membangun bisnis yang kuat, kenapa kok bisa begitu?? Karena Ketika bisnis kita kuat maka transaksi akan terjadi, transaksi akan terus menerus, dan transaksi akan membesar. Itulah pentingnya sebuah value bisnis.

MEMAHAMI TAHAPAN MEMBANGUN BISNIS

Secara sederhana tahapan bisnis dibagi menjadi 3 tahap.

Starting the business

Pada tahap pertama ini yang paling penting adalah menghasilkan transaksi. Harus ada uang. Yang masuk ke perusahaan. Untuk menghasilkan transaksi, setidaknya pengusaha harus membuat produk, menemukan target pasar, lalu membangun penghubung diantara keduanya. Ketika semua itu terpenuhi maka akan terjadilah transaksi.

Hal ini berlaku untuk semua bisnis baru tak peduli skalnya bisnis besar ataupun kecil. Pada tahap permulaan inipara pebisnis juga harus melakukan validasi terhadap value produk yang dijual. Tujuannya untuk mencari tahu apakah value produk yang mereka jual dapat diterima atau tidak. Yang menjadi ukuran dari validasi value adalah terjadi repeat pembelian. 

Running the business

Pada tahap kedua ini, anda harus bisa membuat bisnis berjalan dengan system yang mapan. Selain system juga ada manusia dan budaya. System berfungsi untuk menjaga proses awal sampai akhir, mulai dari pembuatan produk, pemasaran, penjualan, keuangan, hingga manajemen manusia yang terlibat di dalamnya. Manusia dan system terikat oleh budaya. Ada kesepahaman akan nilai-nilai yang dianut. Apa yang pantas untuk dilakukan dan tidak, serta etika apa yang harus dijaga.

Sebuah organisasi bisnis harus membangun common sense Bersama, yang bisa dijadikan standar oleh semua orang yang terlibat di dalamnya. Indicator tahapan ini sukses dilewati adalah apabila seorang owner bisa menjalankan bisnisnya secara otomatis tanpa memerlukan 100% kehadirannya.

Baca Juga :  Gagal SNBP, Ini yang bisa kamu lakukan

Growing the business

   Tahapan ketiga baru bisa berjalan setelah system bisnis sudah berjalan secara mapan. Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah ekspansi dan multi aplikasi. Memperluas dan memperbanyak cabangnya. System yang mapan dibutuhkan untuk menduplikasi bisnis supaya proses perluasan bisnis dan peningkatan pelayanan market bisa berjalan dengan lebih efektif.

Di tahapan ini pebisnis dituntut untuk masuk pada strategi pemasaran, kerja riset, dan networking. Ketiga hal tersebut yang akan mempercepat pertumbuhan.  

Berikut juga disampaikan contoh kasus kegagalan membangun bisnis.

  1. Value produk belum tuntas
  2. Langsung growing
  3. Melakukan financing di fase penuh resiko
  4. Kesulitan membangun manusia
  5. Ekspansi tanpa riset.

PENTINGNYA TUJUAN DAN BEKAL

Sangatlah penting membuat tujuan bisnis yang akan dijalani dan juga bekal atau persiapan apa yang sudah dilakukan untuk membangun sebuah bisnis baru.

  1. Tetapkan tujuan  
  2. Pastikan goal bisnis diturunkan menjadi aktivitas harian dengan hasil yang pasti
  3. Pastika resource anda mencukupi untuk mencapai target

Tentunya tulisan ini belum sampai pada bab akhir. Saya harap untuk anda yang membaca resume ini bisa membacanya lebih lengkap yaa hehe. karena masih banyak hal lagi yang disampaikan untuk mempersiapkan diri dalam membangun bisnis. Dan juga banyak hal-hal kekurangan yang mungkin saya tulis dalam resume ini. Semoga bermanfaat ya kawan

Comments are closed.